TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL (TAHAP – TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL)


MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL

TAHAP – TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL

TUGAS 1

Tahap 1 : Domestik
  1. Strategi                                     : Domestik
  2. Model                                       : Tidak ada
  3. Pandangan mengenal dunia     : Negara sendiri
  4. Orientasi                                  : Etnosentris
  5. Aset kunci                                : Lokasi di negara sendiri
  6. Peran unit negara                     : Satu negara
  7. Pengetahuan                             : Negara sendiri
  8.  Contoh negara dan produk       : Pt.Semen Padang (Indonesia) merupakan produsen semen

Tahap 2 : Internasonal
  1. Strategi                                     : Internasional
  2. Model                                       : Federasi terkoordinasi
  3. Pandangan mengenal dunia      : Perluasan pasar
  4. Orientasi                                   : Etnosentris
  5.  Aset kunci                                : Inti tersentralisasi dan yang lainnya tersebar
  6. Peran unit negara                      : Mengadaptasi dan meningkatkan kompetensi
  7. Pengetahuan                              : Diciptakan dipusat dan dialihkan
  8. Contoh negara dan produk        : Perusahaan Tongda Group Holdings (China) merupakan  produsen suku cadang logam berukuran kecil
Tahap 3 : Multinasional
  1. Strategi                                     : Multinasional
  2. Model                                       : Federasi tersentralisasi
  3. Pandangan mengenal dunia      : Pasar nasional
  4. Orientasi                                   : Polisentris
  5. Aset kunci                                 : Terdesentralisasi dan memenuhi kebutuhan sendiri
  6. Peran unit negara                      : manjajaki peluang lokal
  7. Pengetahuan                              : Dipertahankan dalam unit operasi
  8. Contoh negara dan produk        : Perusahaan Dunkin Donuts (US) merupakan produsen donat

Tahap 4 : Global
  1. Strategi                                      : Global
  2. Model                                        : Kegiatan tersentralisasi
  3. Pandangan mengenal dunia       : Pasar atau sumber daya global
  4. Orientasi                                    : Campuran
  5. Aset kunci                                 : Semuanya di negara sendiri kecuali pemasaran
  6. Peran unit negara                       : Pemasaran atau mencari pemasok
  7. Pengetahuan                              : Pemasaran dikembangkan dan dipakai bersama
  8. Contoh negara dan produk        : Perusahaan Adidas (Jerman) merupakan produsen baju dan sepatu


 Tahap 5 : Transnasional
  1. Strategi                                     : Transnasional
  2. Model                                       : Jaringan terpadu
  3. Pandangan mengenal dunia      : Pasar dan sumber daya global
  4. Orientasi                                   : Geosentris
  5. Aset kunci                                 : Tersebar saling tergantung dan terspesialisasi
  6. Peran unit negara                      : Kontribusi pada perusahaan di seluruh dunia
  7. Pengetahuan                              : Semua fungsi dikembangkan dan dipakai bersama
  8. Contoh negara dan produk        : Perusahaan Mitsubishi (Jepang) merupakan produsen mobil

Komentar