Ilmu Budaya Dasar



ILMU BUDAYA DASAR
BAB 4 MANUSIA DAN CINTA KASIH
A.PENGERTIAN CINTA KASIH
        Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya  W.J.S Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka atau rasa sayang atau rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.Kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.Jadi cinta kasih adalah perasaan suka atau sayang kepada seseorang yang di sertai dengan menaruh belas kasih.Cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan,pembentukan keluarga,pemeliharaan anak,hubungan dimasyarakat,dan hubungan dengan Tuhan.
Cinta menurut para ahli:
1.Erich Fromm
Bahwa cinta itu memberi bukan menerima,unsur-unsur cinta yaitu pengasuhan,tanggung jawab,pengenalan danperhatian.
2.Dr.Sarlito W.Sarwono
Mengatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan,keintiman dan kemesraan.
3.Dr.Abdullah Nasih Ulwan
       Menurutnya cinta adalah fitrah manusia yang paling murni yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupannya.
Dalam AL-QURAN terdapat 3 tingkatan cinta yaitu:tingkat tinggi yaitu cinta kepada ALLAH,Rasulullah dan berjihad di jalan ALLAH.Tingkat menengah yaitu cinta kepada orang tua,anak,saudara,istri/suami dan kerabat.Tingkat terendah yaitu cinta yang mengutamakan cinta keluarga,kerabat,harta dan tempat tinggal.

Hikmah cinta adalah:
  1. Sesungguhnya cinta adalah sebuah ujian yang berat  dalam kehidupan manusia karena setiap cinta  akan mengalami berbagai rintangan yang harus di hadapi.
  2. Fenomena cinta yang telah melekat di dalam jiwa manusia merupakan pendorong dan pembangkit dalam melestarikan kehidupan lingkungan.
  3. Cinta merupakan faktor utama dalam kelanjutan hidup manusia,mengenal antar manusia,memanfaatkan kemajuan bangsa  dan modal utama dalam mengenal berbagi ilmu.
  4. Cinta merupakan pengikat paling kuat dalam hubungan antar keluarga,masyarakat,mengasihi sesama makhluk hidup,menegakkan keamanan dan ketentraman di seluruh bumi.

B.CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
       Bentuk-bentuk cinta yang terdapat dalam Al-quran:
  1. Cinta diri
Cinta diri yaitu cinta terdapat dirinya sendiri seperti menjaga dirinya ,mengembangkan potensi diri.Al-quran telah mengungkapkan cinta alamiah manusia terhadap diri nya sendiri,kecenderungan untuk menuntuk yang bermanfaat bagi dirinya sendiri.
  1. Cinta kepada sesama manusia
Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain,dan kita haruds membantu sesama dan memberikan sebagian karunia yang di peroleh.
  1. Cinta seksual
Dorongan seksual mempunyai fungsi melahirkan keturunan lalu terbentuklah keluarga dan dari keluarga terbentuk masyarakat dan bangsa.Islam mengakui dorongan seksual namun harus di perhatikan pengendalian cinta ini yaitu dengan cara yang sah yaitu perkawinan.
  1. Cinta kebapakan
Cinta kebapakan akan nampak dalam perhatian seorang bapak pada anaknya,asuhan,nasehat, dan pengarahan yang di berikan demi kebaikan anak-anaknya.
  1. Cinta kepada ALLAH
Puncak cinta manusia yang paling bening,jernih dan spiritual ialah cinta kepada ALLAH,tidak hanya dalam shalat,pujian,doa tapi juga dalam kita bertingkah laku untuk mengharapkan ridho-NYA.
  1. Cinta kepada Rasul
Cinta kepada Rasul menduduki peringkat kedua setelah cinta kepada ALLAH,seorang yang beriman akan mencintai Rasulnya yang telah berjuang dengan penuh kesulitan menyebarkan Islam hingga ke penjuru dunia.

C.KASIH SAYANG
        Dalam kehiduppan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan dalam kasih sayang masing-masing pihak di tuntut bertanggung jawab,pengorbanan,kejujuran,saling percaya,saling pengertian,terbuka dan unsur-unsur tersebut tidak boleh hilang dalam mencapai kebahagiaan.
Cara pemberian cinta kasih dari orang tua kepada anak:
  1. Orang tua bersifat aktif,anak bersifat pasif
  2. Orang tua bersifat pasif,anak bersifat aktif
  3. Orang tua bersifat pasif,anak bersifat pasif
  4. Orang tua bersifat aktif,anak bersifat aktif

D.KEMESRAAN
        Kemesraan adalah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.Kemesraan merupakan perwujudan dari kasih sayang yang mendalam,kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia,dengan kmesraan orang dapt menciptakan berbagai seni seperti puisi,pantun dan masih banyak lagi.

E.PEMUJAAN
        Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.Cinta manusia kepada Tuhannya tidak dapt dipisahkan dalam kehidupannya karena Tuhan lah yang menciptakan alam semesta ini.Dalam kehidupan manusia terdapat berbagai cara pemujaan sesuai dengan agama,kepercayaan,situasi,kondisi.Seperti sholat di masjid,sembahyang di pura,di candi,di gereja dan bahkan di tempat yang di anggap keramat.
Cinta manusia kepada Tuhanya adalah cinta yang mutlak,maka berdisalah kita jika tidak mencintainya walaupun hanya sedikit.

F.BELAS KASIH
      Dalam surat Yohanes di jelaskan ada tiga macam cinta:
  1. Cinta agape yaitu cinta manusia kepada Tuhanya.
  2. Cinta philia yaitu cinta kepada orang tua dan saudara.
  3. Cinta amor/eros yaitu cinta antara pria dan wanita.
   Belas kasih adalah cinta terhadap sesama,dan cinta yang di maksud cinta di lihat dari penderitaannya seperti tua,sakit-sakitan,yatim,yatim piatu, dll.
Dalam kehidupan banyak sekali yang harus kita kasihi dan bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung dengan situasi dan kondis.

G.CINTA KASIH EROTIS
        Cinta kasih erotis adalah kehausan akan penyatuan yang sempurna,akan penyatuan dengan seseorang lainnya.Cinta kasih erotis kerap dicampurbaurkan dengan pengalaman eksplosif berupa jatuh cinta .
Cara mengatasi keterpisahan bisa dengan bercakap-cakap tentang kehidupan diri pribadi,harapan,kecemasan,menampak diri dengan segi keanehannya.Keinginan seksual menuju kepada penyatuan diri tetapi bukan karena nafsu belaka tetapi untuk meredakan ketegangan yang ada.
Jadi pandangan bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu adalah perbuatan kemauan ,kedua-duanya benar .Oleh karena itu gagasan bahwa pernikahan mudah saja diputuskan apabila orang tidak bersukses dalam pernikahan tersebut merupakan gagasan yang keliru karena hubungan pernikahan tidak mudah diputuskan atau tidak boleh di putuskan.

Komentar